Perjalanan Panjang Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Formasi Tahun 2019 

Pelaksanaan Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat formasi tahun 2019 yang sudah berjalan hampir satu tahun lamanya sejak diumumkan pertama kali pada tanggal 8 November 2019 dengan jumlah pelamar sebanyak 13.192 orang yang bersaing untuk mengisi 1.048 formasi dan terbagi dalam 18 formasi jabatan. Pelaksanaan seleksi Pengadaan CPNS ini, pada tahun 2019 hanya dapat dilaksanakan sampai pada tahapan pengumuman hasil seleksi administrasi dengan jumlah pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 9.114 orang.   

Pelaksanaan Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat formasi tahun 2019 terus bergulir ke tahun 2020, yang mana pada akhir bulan Januari 2020 tepatnya pada tanggal 28 Januari 2020, Seleksi Kompetensi Dasar untuk seleksi CPNS formasi tahun 2019 ini, dilaksanakan di kota Jayapura sebagai lokasi pertama pelaksanaan dari 6 (enam) kota lokasi penyelenggaraan yang direncanakan, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Banjarmasin dan Jayapura. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar di 6 (enam) lokasi ini diselenggarakan selama lebih kurang 1 (satu) bulan penuh sampai dengan akhir bulan Februari 2020, dimana kota Medan menjadi lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar terakhir (29 Februari 2020), dengan jumlah peserta yang hadir mengikuti seleksi sebanyak 8.312 orang.   

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar diumumkan kepada seluruh peserta seleksi melalui website http://cpns.pu.go.id pada tanggal 23 Maret 2020, dimana dari 8.312 orang yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar tersaring menjadi 2.517 orang yang dinyatakan memenuhi nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar mengacu pada nilai ambang batas yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019.

Tahapan seleksi selanjutnya, yaitu pelaksanan Seleksi Kompetensi Bidang yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 terpaksa ditunda dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat formasi tahun 2019 akhirnya baru dapat dilaksanakan pada bulan September 2020, yang pelaksanaannya diharuskan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan Panitia Seleksi Nasional dan Gugus Tugas Nasional Penanganan Pandemi COVID-19. 

Arahan ini, berdampak pada bertambahnya titik lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang, yang sebelumnya rencananya hanya akan dilaksanakan di 6 (enam) lokasi seperti pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar, akhirnya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang dengan sistem CAT dilaksanakan di 31 (tiga puluh satu) lokasi dalam negeri dan 1 (satu) lokasi luar negeri. Sedangkan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Psikotes Lanjutan yang sebelumnya akan dilaksanakan secara tatap muka, dirubah mekanisme pelaksanaannya menjadi secara daring (online). Penambahan titik lokasi dan perubahan mekanisme pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang tersebut, dimaksudkan untuk mengurangi mobilitas peserta antar provinsi dan mencegah penyebaran virus corona. Dan pada Pelaksanaannya, Seleksi Kompetensi Bidang hanya diikuti oleh 2.410 peserta dari seharusnya 2.517 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk Seleksi Kompetensi Bidang.   

Hari ini, Jumat, 30 Oktober 2020 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional serta mengacu pada surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : K26-30/B3021/X/20.01 tanggal 27 Oktober 2020 perihal hasil integrasi nilai SKD-SKB CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2019, Panitia Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyampaikan pengumuman hasil akhir Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat formasi tahun 2019 melalui website https://cpns.pu.go.id.

Pada pengadaan CPNS formasi tahun 2019, Panitia Seleksi Nasional memberikan kesempatan kepada peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi untuk menyampaikan sanggah terhadap hasil integrasi SKD-SKB melalui website https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 1 s.d 3 November 2020. Dan kepada peserta dinyatakan lulus seleksi diharapkan menyiapkan dokumen pendukung untuk usulan penetapan NIP dan disampaikan baik secara elektronik melalui website https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 6 s.d 15 November 2020 serta disampaikan secara fisik melalui pos mulai tanggal 6 s.d 20 November 2020 sebagaimana tercantum pada pengumuman yang disampaikan oleh Panitia Seleksi PNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pengumuman detil terkait hasil seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Formasi Tahun 2019 dan mekanisme pemberkasan dokumen penetapan NIP dapat dilihat pada menu pengumuman di website https://cpns.pu.go.id.