Mengacu pada surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : K 26-30/V 116-4/99 Tanggal 27 Juli 2020 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019, dinyatakam bahwa pelaksanaan Seleksi Pengadaan CPNS Formasi Tahun 2019 yang sempat tertunda dikarenakan adanya pandemi COVID-19 akan dilanjutkan. Tahapan seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) rencananya akan diselenggarakan mulai tanggal 1 September sampai dengan 12 Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19) serta meminimalisir pergerakan/mobilisasi peserta lintas batas wilayah.

Seleksi Kompetensi Bidang  (SKB)  Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terbagi dalam 2 (dua) jenis seleksi, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang  (SKB) dengan Computer Assisted Test (CAT) dan Seleksi Kompetensi Bidang  (SKB) Psikotes Lanjutan. Untuk meminimalisir pergerakan peserta lintas batas wilayah dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang ini, maka pelaksanaan seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT) yang sebelumnya hanya dilaksanakan di 6 (enam) lokasi (Jakarta, Medan, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Jayapura) akan diperbanyak menjadi lebih kurang 33 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan titik lokasi fasilitas Computer Assisted Test (CAT) yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara. Sedangkan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Psikotes Lanjutan akan dilakukan secara online.     

Maka dalam rangka mendukung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang tersebut, kepada seluruh Peserta Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dinyatakan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (Peserta dengan kode keterangan P/L, P/L[P1TL/19I], P/L[P1TL/18I] dan P/L[P1TL/18] diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang melalui website https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 7 Agustus 2020 Pukul 23.59. Dalam kegiatan pendaftaran ulang tersebut, peserta diminta untuk memilih lokasi pelaksanaan SKB sistem Computer Assisted Test (CAT) yang paling dekat dengan lokasi domisili peserta dan kepada peserta selama rentang waktu pendaftaran ulang tersebut diberikan kesempatan 3 (tiga) kali untuk menetapkan pilihan lokasi. Setelah melakukan pendaftaran ulang, peserta diharuskan mencetak Kartu Ujian Seleksi Kompetensi Bidang yang dapat dilakukan mulai tanggal 8 Agustus 2020.