Frequently Asked Question (FAQ)


Sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh :
a. Educational Testing Service (ETS) untuk TOEFL atau TOEIC, atau
b. International English Language Testing System (IELTS), atau
c. Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara, atau
d. Lembaga Bahasa/UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, atau
e. Lembaga Bahasa Swasta (Lembaga Kursus bahasa) lainnya.

paling lama 1 (satu) tahun (dihitung dari tanggal tes kemampuan bahasa inggris s/d tanggal 25 November 2019 (tanggal tes paling lama tanggal 25 November 2018)) dan dengan skor minimal :

a. TOEFL ITP 450, atau
b. TOEFL IBT 53, atau
c. TOEIC 405, atau
d. IELTS 5, atau
e. Skala skor lainnya yang dapat disetarakan dengan nilai skor pada poin a s.d poin b di atas (Cth : skor AcEPT UGM, ELPT ITB, dll)

Berdasarkan Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2019, mengatur ketentuan akreditasi sebagai berikut :

  1. Bagi pelamar formasi umum, formasi khusus penyandang disabilitas, dan formasi khusus Putra/i Papua dan Papua Barat, akreditasi yang diakui adalah akreditasi Perguruan Tinggi (akreditasi kampus) dan/atau akreditasi program studi. Jadi ketentuan akreditasi bisa salah satu, yang terakreditasi perguruan tinggi/kampus nya atau yang terakreditasi program studinya (Akreditasi yang diakui adalah akreditasi pada saat lulus, mengacu pada tanggal kelulusan yang tercantum pada ijazah).
  2. Bagi pelamar formasi khusus Putra/i Lulusan Terbaik (Cumlaude), pelamar harus lulus dari Perguruan Tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian”/Cumlaude dan akreditasi Perguruan Tingginya harus terakreditasi A/Unggul dan Program Studinya harus terakreditasi A/Unggul (Akreditasi yang diakui adalah akreditasi pada saat lulus, mengacu pada tanggal kelulusan yang tercantum pada ijazah).

Yang dimaksud dengan kualifikasi pendidikan Teknik Pengairan atau Pengelolaan Sumber Daya Air adalah program studi/jurusan Teknik Pengairan atau Pengelolaan Sumber Daya Air yang masuk dalam bidang keilmuan teknik sipil, bukan bidang perikanan/kelautan atau pun budi daya perikanan.

Yang dimaksud dengan kualifikasi pendidikan adalah nama/nomenklatur program studi/jurusan yang tercantum pada ijazah (bukan nama fakultas).
contoh : S-2 Ekonomi, yang dimaksud adalah pelamar merupakan lulusan program studi/jurusan ekonomi (bukan lulusan fakultas ekonomi dengan program studi/jurusan akuntansi/manajemen).

Pelamar berusia paling rendah 18 tahun 0 bulan dan paling tinggi :
a. 27 tahun 0 bulan untuk yang melamar pada formasi umum jenjang pendidikan D-III
b. 30 tahun 0 bulan untuk yang melamar formasi umum atau formasi khusus Putra/I Lulusan Terbaik (Cum Laude) jenjang pendidikan S-1/D-IV
c. 32 tahun 0 bulan untuk yang melamar formasi umum jenjang pendidikan S-2
d. 35 tahun 0 bulan untuk yang melamar formasi khusus penyandang disabilitas atau formasi khusus putra/asli Papua dan Papua Barat
e. 35 tahun 0 bulan untuk Pelamar yang sudah aktif bekerja (Pegawai Non PNS) di Kementerian PUPR, yang melamar di formasi umum/formasi khusus (Diwajibkan melampirkan SK  Pengangkatan/SK Kontrak Kerja/Surat Perjanjian Kerja tahun 2019).

Perhitungan usia tersebut dihitung dari tanggal lahir yang tercantum pada ijazah sampai dengan pelamar memfinalkan pendaftaran di sistem SSCN

Contoh :
Seorang pelamar, lahir pada tanggal 15 November 1989 (sesuai ijazah). Yang bersangkutan berijazah S-1 dan bukan Pegawai Non PNS Kem. PUPR.
Pelamar tersebut bermaksud melamar salah satu jabatan pada formasi umum di Kem. PUPR.
Maka mengingat batas usia maksimal bagi pelamar formasi umum dengan jenjang pendidikan S-1 adalah 30 tahun 0 bulan, maka pelamar tersebut paling lambat harus menyelesaikan pendaftaran di SSCN paling lambat tanggal 15 November 2019, agar secara sistem usia yang bersangkutan terdeteksi/terhitung 30 tahun 0 bulan. 

 


Hubungi Kami


Tahap registrasi Akun Pelamar (UserID dan Password) melalui portal SSCN BKN: Pada tahap ini pelamar bisa menanyakan langsung permasalahan yang dihadapi kepada Help Desk SSCN BKN di https://sscnhelpdesk.bkn.go.id/


Tahap pendaftaran dan melengkapi data: Pada tahap ini pelamar memiliki beberapa pilihan metode pertanyaan:



Layanan Informasi



Layanan Pengaduan

Email :
-
Facebook :
seleksi.cpnspupr.9
Twitter :
@seleksicpnspupr